Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress

Cara membuat blog gratis di Wordpress – Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang cara membuat blog gratis di Blogger/Blogspot. Dan pada dasarnya Wordpress ini bisa Anda gunakan untuk domain hosting sendiri atau Anda pakai secara free.

Nah, sekarang pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat blog yang free/gratisan di Wordpress. Dan ketika Anda membaca artikel ini, saya pastikan Anda sudah memiliki akun email, baik di Gmail, Yahoo Mail atau Hotmail. Jika tidak, Anda perlu mundur kembali beberapa langkah ke artikel saya sebelumnya tentang bagaimana cara membuat email gratis di Gmail,Yahoo Mail dan Hotmail.

Kembali ke laptop, sekarang akan saya sebutkan langkah-langkah membuat blog di wordpress sebagai berikut :
Yang Anda harus pertama kali adalah membuka situs Wordpress dengan meng-klik tautan ini Wordpress.com di browser Anda . Setelah halaman WordPress terbuka, klik tombol “Buat Situs Web”. Dan Anda akan dipandu dengan  5 langkah mudah untuk membuat sebuah blog.

Langkah pertama : Tuliskan alamat web/blog yang diinginkan, tulis dan cari sampai ada yang cocok dan diterima, misalnya tutorialgoblog.wordpress.com. Lalu klik tombol "Buat Situs Anda dan Lanjutkan".

Langkah kedua : Setelah halaman baru terbuka, Anda akan menemukan kolom-kolom, dan Anda diminta untuk mengisinya, yaitu kolom-kolom berikut ini :

Surel : Di kolom"Surel", Anda diminta untuk menulis alamat email Anda, terserah email yang di Gmail, Ymail atau Hotmail.

Nama pengguna : Di kolom ini Anda bisa mengisi dengan nama Anda sendiri / variasi dari nama Anda (contoh : abahjihan), ini berfungsi sebagai username ketika Anda ingin login ke Dashboard blog Anda di Wordpress.

Kata Sandi : Di kolom ini, Anda diminta untuk mengisi dengan password/kata sandi yang tidak mudah ditebak, namun di sisi lain ia mudah diingat.

Ketika semua kolom sudah Anda isi, klik tombol "Langkah Berikutnya" yang berada di paling bawah.

Langkah ketiga : Pada langkah ini, Anda akan menemukan perintah Cari alamat kustom, lewati saja langkah ini, dan klik "Tidak, Terima Kasih".

Langkah keempat : Akan terbuka halaman baru di browser Anda, dan Anda diminta memilih tema blog Anda, ada beberapa pilihan tema, silahkan Anda memilih tema yang Anda sukai. Kalau dalam tutorial ini, saya memilih tema Big Brother.

Langkah kelima : Setelah memilih tema yang Anda sukai, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, dan Anda ditanyakan paket mana yang ingin Anda gunakan? Karena Anda sekarang lagi dalam proses pembuatan blog gratisan, jadi Anda klik "Pilih Gratis".

Di halaman browser, Anda akan menemukan tulisan "Terima kasih telah mendaftar di Wordpress.com." Yommaa, sekarang blog Anda sudah selesai dibuat. Tapi sebelum memulai men-setting blog dan membuat postingan, Anda terlebih dahulu diminta untuk menverifikasi email yang dikirim oleh pihak Wordpres ke email Anda. Buka email Anda, cari di kotak masuk email dari Wordpress, lalu buka dan klik link yang ada di dalam email Anda.

Setelah Anda selesai melakukan verifikasi dengan cara yang disebutkan di atas, nanti akan terbuka tab baru di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda. Dan Anda akan menemukan notifikasi yang menyatakan kalau email  Anda sudah terverifikasi, dan sekarang Blog Anda sudah siap untuk dipakai, dan silahkan menerbitkan pos di blog Anda.

Demikian penjelasan singkat tentang 5 langkah mudah membuat blog gratis di Wordpress. Semoga penjelasan saya bisa difahami dan dipraktekkan, jika ada yang kurang jelas, Anda bisa melayangkan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih atas kunjungannya di blog saya, selamat mencoba!



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress"

Post a Comment