Cara Mengupas Telur Puyuh Yang Baik dan Cepat

Cara mengupas telur puyuh - Bagi Anda yang ingin memasak telur puyuh untuk keluarga, dan mengupasnya dalam jumlah sedikit dengan cara apapun bukan sebuah masalah. Apalagi jika intesitasnya jarang, yang hanya seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

cara mengupas kulit telur puyuh yang baik
via Pixabay
Tapi jika Anda adalah pedagang sate telur puyuh, atau Anda memiliki catering dan perlu memasak telur puyuh dalam jumlah besar setiap harinya, tentu jumlah telur yang akan dikupas banyak, dan jelas intensitasnya sering atau bahkan setiap hari, maka perlu tips dan trik yang tepat untuk mengupas telur puyuh sebanyak itu dengan mudah dan cepat.

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, dimana saya dan istri berniat membuat sate telur puyuh dan menitipkannya di kantin sekolah tempat saya mengajar. Ya hitung-hitung sebagai tambahan untuk beli popoknya Jihan.

Hampir setiap 2 hari sekali saya dan istri merebus dan mengupas 1kg telur puyuh. Dari sekilo telur (jumlah telur puyuh dalam 1 kg kurang lebih 90-95 butir) bisa menjadi -/+ 30 tusuk, kerena satu tusuk berisi 3 butir telur. Jumlah yang sangat besar kan?! [lumayan lah untuk olahraga jari-jemari nehh..]

Pertama kali membuat sate telur puyuh, saya mendapatkan beberapa kendala dan kesulitan, baik dalam masalah proses peng-rebusan atau pengupasan. Atas dasar kejahilan saya dan ke-soktahu-an saya, proses pembuatannya kali itu memakan waktu yang cukup lama, terutama proses pengupasan.

Saya pun berpikir keras, memutar otak sambil ngurut-ngurut kepala [sok berpikir keras], sambil mencari-cari bagaimana cara yang tepat dan rapi untuk mengupas telur puyuh yang cepat dan mudah. Saya mencoba memetakan letak kesalahan saya, apakah kesulitan ini berkaitan dengan proses perebusannya atau memang cara pengupasannya yang salah?

Setelah bersusah payah dan berjungkir balik, saya pun mentok, tidak bisa berfikir lagi untuk menemukan solusi yang tepat. Maka jalan terakhirnya adalah bertanya kepada Mbah Google. Setelah searching dan browsing (wuih, gak nguatin bahasanya), saya pun menemukan beberapa hasil.

Dari semua yang saya yang baca [tapi saya sudah lupa dari mana sumber tersebut saya baca, karena itu saya lakukan sekitar 6 bulan yang lalu], bisa disimpulkan cara yang baik dan cepat mengupas telur puyuh, yaitu sebagai berikut :

Perebusan

Pertama kali, rebus air bersih di dalam panci yang cukup dengan jumlah telur yang akan Anda masak tanpa memasukkan telur puyuh terlebih dahulu.

Tunggu hingga air mendidih, lalu masukkanlah telur ke dalam panci, lalu tunggu sekitar 5 menit tanpa mematikan kompor.

Setelah 5 menit, matikan kompor Anda. Lalu angkat telurnya dengan saringan besi atau plastik, dan siram dan cuci dengan air bersih, hingga telur menjadi dingin dan tidak panas lagi.

Kemudian simpan telur yang sudah Anda rebus di dalam kulkas. Menurut pengakuan istri saya, semakin dingin semakin mudah dikupas. Jika Anda tidak setuju, silahkan tulis pendapat Anda di kolom komentar. Tapi saya berharap Anda setuju dengan apa yang dipendapatkan oleh istri saya. [Saya kan suaminya, masa saya tidak sependapat dengan istri, bisa puasa sebulan saya..hehe] 

Pengupasan

Setelah semua langkah di atas dilakukan, sekarang saatnya proses pengupasan, dan di sinilah inti prosesnya, karena membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih. Cara mengupas yang benar dan cepat adalah sederhana, Anda cukup menghancurkan kulit luarnya hingga merata, lalu carilah bagian yang ada rongga udaranya, dari situlah Anda memulai pengupasan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengupas setiap butirnya sekitar 15 detik, jadi dalam 1 menit Anda bisa mengupas sebanyak 4 butir.

Bagaimana, cukup mudah bukan?!

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan cepat, yaitu dengan mesin. Anda bisa melihat videonya di link ini. Tentu ini hanya untuk usaha yang skala besar saja. Dan saya tidak bermaksud promosi, karena itu bukan produk saya dan saya tidak mendapatkan komisi dari penjualan produk in.

Sekian tips dan trik kali ini, semoga bisa membantu Anda menjalankan usaha Anda, semoga sukses menyertai Anda, terima kasih atas kunjungannya, dan wassalam.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mengupas Telur Puyuh Yang Baik dan Cepat"

  1. Makasih sarannya.. Tulisannya ndak umum banyol.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama. Terima kasih atas tanggapan dan kunjungannya.

      Delete