6 Fakta Menarik Tentang Youtube

6 Fakta Menarik Tentang Youtube – Siapakah yang tidak kenal dengan situs Youtube? Youtube adalah situs populer yang memberikan layanan kepada penggunanya untuk mengunggah (upload), menonton dan berbagi konten berbentuk video. Dan semua layanan itu diberikan secara cuma-cuma alias gratis-tisss.
Logo Youtube



Saya kira Anda pun mungkin termasuk pengguna yang aktif atau bahkan sering memanfaatkan layanan itu. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah seberapa banyak info yang Anda ketahui tentang situs berbagi video terbesar di dunia itu? Apakah Anda tahu siapakah yang mendirikannya? Apakah Anda tahu video apa yang pertama kali diupload disana? Dan lain sebagainya...

Situs Youtube memiliki beberapa fakta menarik yang menjadikan Anda heran dan terkejut, apa saja saja fakta tersebut? Berikut ini 6 fakta menarik  dan menakjubkan mengenai Youtube:
#Fakta ke-1

Paypal dan Youtube – Situs Youtube ini ternyata dibuat oleh trio macan (just kidding), 3 orang mantan karyawan Paypal, mereka adalah Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim pada awal tahun 2005. Dan disebutkan bahwa Hurley lah yang memiliki peran dalam merancang logo yang digunakan Paypal.

Dan kaitannya dengan pendanaan awal Youtube, disinyalir berasal dari bonus-bonus yang diterima 3 orang mantan karyawan tersebut dari Paypal. Jadi merakalah founder awal situs Youtube.

#Fakta ke-2

Valentine dan Youtube – Apakah Anda tahu kapan situs Youtube pertama kalinya aktif? Nama domain www.youtube.compertama kali aktif pada 14 Februari 2015, dan dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya. 

#Fakta ke-3

San Diego Zoo dan Youtube – Apakah Anda tahu video apa yang pertama kali diunggah di situs Youtube? Video pertama kali yang tampil di Youtube adalah video yang menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo, video ini berjudul Me at the zoo, dan video tersebut diunggah pertama kali pada 23 April 2015 dan sampai sekarang Anda masih bisa menemukannya di situs ini.

#Fakta ke-4

Google dan Youtube – Yang diketahui oleh kebanyakan orang, bahwa Youtube adalah produk milik perusahaan raksasa search engine terbesar di dunia Mr. Google. Iya betul, Google adalah pemilik saham terbesar. Namun Youtube bukan produk asli Simbah. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa penemunya adalah 3 orang mantan karyawan Paypal. Namun setelah Youtube aktif selama 1 tahun lebih, baru Google Inc mengumumkan bahwa mereka telah membeli Youtube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.

#Fakta ke-5

Utube dan Youtube – Ternyata pemilihan nama domain www.youtube.com menimbulkan masalah dengan situs yang bernama serupa, yaitu www.utube.com. Karena secara pelafalan utube bisa dibaca youtube. Pemilik situs tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap youtube, setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari Youtube. Namun tuntutan itu tidak diterima, dan akhirnya Universal Tube sebagai pemilik mengganti nama situsnya dengan yang baru, yaitu www.utubeonline.com.

#Fakta ke-6

Statistik dan Youtube – Pada bulan Januari 2012, Youtube menyatakan bahwa situsnya menerima kunjungan sebanyak 4 miliar setiap harinya. Dengan kunjungan yang begitu fantastis, maka tidak mengherankan kalau Google berhasil memperoleh banyak uang dari Youtube. Menurut laporan The Information, di tahun 2013 Goole berhasil memperoleh pemasukan sebesar $3,5 miliar atau setara Rp 41,1 triliun.

Dan baru-baru ini  ada sebuah studi yang dilakukan oleh Domo tentang fakta lalu lintas internet. Dalam fakta yang disuguhkan beberapa informasi tentang apa yang terjadi dalam satu menit di internet, termasuk di dalamnya informasi tentang Youtube, bahwa dalam satu menit, ada banyak video yang diunggah oleh pengguna Youtube dengan total waktu akumulatif selama 72 jam. Woww…

Baca jugaCara Download Video Dari Youtube.


Sekian 6 fakta-fakta menarik tentang Youtube, semoga bisa menambah wawasan Anda tentang dunia IT. Dan terima kasih atas kunjungannya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Fakta Menarik Tentang Youtube"

Post a Comment