Cara Memposting Artikel di Blogger

Cara memposting artikel di Blogger – Ketika Anda membaca artikel ini, saya menganggap Anda sudah memiliki blog dan Anda ingin mengisinya dengan konten yang sudah Anda siapkan.

cara memposting artikel di blogger
via Pixabay
Namun jika Anda belum punya blog, maka saya sarankan Anda untuk membuatnya terlebih dahulu. Jika Anda bingung dan belum mengerti bagaimana cara membuat blog gratisan. Anda bisa melihatnya di artikel saya sebelumnya tentang cara membuat blog di Blogger.

Pembaca yang budiman, kegiatan inti dari blogging ada mengisi blog kita dengan postingan-potingan yang bagus dan mampu menarik minat pengguna internet untuk membacanya.

Nah, jika Anda belum mengerti bagaimana prosesnya, silahkan melanjutkan membaca artikel ini. Tapi, sebelum membuat postingan, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu menu-menu atau navigasi-navigasi yang ada di dashboard Blogger. Supaya memudahkan aktifitas nge-blogging kita kedepannya.

Berikut ini sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger :


Ikhtisar : Menu ini berisi data statistic tentang blog Anda, diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, jumlah artikel.

Pos : Menu ini berisi daftar artikel yang sudah Anda tulis, baik yang sudah diterbitkan , atau masih dalam bentuk draft.

Laman : Menu ini menampilkan daftar halaman statis seperti page pada Wordpress, biasanya digunakan untuk About, TOS, dan lain-lainnya.

Komentar : Menu ini menampilkan komentar yang masuk ke blog Anda, pada menu ini Anda bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak andan inginkan.

Google+ : Menu ini menampilkan setelan akun Google+ Anda, salah satu media sosial pruduk Google yang bisa digunakan untuk blog Anda.

Statistik : Menu ini menampilkan data lebih detail tentang trafik kunjungan blog Anda.

Kampanye :

Tata Letak : Pada menu ini, Anda bisa mengatur layout blog Anda, menambahkan atau mengatur posisi widget pada blog Anda.

Template : Menu ini berisi setelan template blog Anda, Anda bisa merubah dan mengganti template yang sesuai dengan selera Anda.

Setelan : Menu ini digunakan untuk mengatur setelan blog, pengaturan berapa artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain sebaginya.

Setelah Anda mengenal fungsi dari menu-menu yang ada di dashboard, sekarang Anda bisa memulai membuat postingan pada blog Anda. Hakikatnya, cara membuat postingan pada Blogger itu mudah sekali, berikut ini kami paparkan langkah-langkahnya :

Anda perlu log-in ke blog Anda menggunakan alamat email Gmail yang Anda gunakan untuk mendaftar di Blogger.

Ketika anda sudah login di dashboard, temukan tombol bergambar pena di bagian atas kiri di samping logo Blogger, dan klik tombol tersebut.

Akan tampil halaman baru, dan di halaman itu Anda akan membuat postingan.

Buat judul konten : buatlah judul yang singkat saja, karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.

Masukkan artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten apa saja, baik itu berbentuk text, gambar, dan video juga bisa.

Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, dengan bantuan menu formating yang ada di bawah judul konten.

Isi label/ kategori yang sesuai dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.

Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda sudah yakin akan membuat konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Sekarang konten Anda sudah online, dan bisa dibaca oleh orang lain.

Demikian penjelasan singkat tentang cara memposting artikel di Blogger. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman yang belum mengerti cara memposting di Blogger. Apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti dan kurang jelas, silahkan tulis pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, dan terima kasih pula sudah membaca artikel ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memposting Artikel di Blogger"

Post a Comment