Hanya Dengan 4 Langkah, Anda Bisa Membuat Blog Gratis di Blogger

Cara membuat blog – Mungkin Anda sedang kebingungan dan mencari-cari bagaimana cara membuat atau membangun sebuah blog.

cara membuat blog gratis di blogger

Apapun alasan Anda membuat blog, baik itu tugas dari sekolah untuk sekadar latihan dan mendapatkan nilai, atau berbagi ilmu yang bermanfaat kepada publik, berbagi kisah nyata atau pengalaman hidup barangkali ada yang bisa mengambil pelajaran darinya, dan lain-lainnya. Atau mungkin ada juga yang ingin mendapatkan penghasilan darinya, dan itu tidak masalah.

Para motivator berkata, jika Anda memiliki hobi, sebisa mungkin hobi tersebut bisa mendatangkan uang, jangan malah menghabiskan uang Anda.

OK, sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog, akan lebih baik kalau kita mengetahui terlebih dahulu apa itu blog.

Menurut Wikipedia Indonesia blog adalah singkatan dari web log, dan ia adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai topic dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Dalam pembuatan blog, sebenarnya banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan, seperti : Blogger, Wordpress, Tumblr, Webbly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi.

Namun yang sering dipakai oleh blogger Indonesia adalah menggunakan Blogger/Blogspot dan Wordpress. Saat ini kegiatan blogging banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, dengan berbagai keunikan dan gaya penulisan yang berbeda-beda.

Cara Membuat Blog di Blogger

Nah, pada artikel ini, saya hanya akan mengulas dan berbagi bagaimana cara membuat blog di Blogger saja, adapun untuk cara pembuatan blog di Wordpress akan kita sajikan pada posting berikutnya – insyaallah –.

Dan artikel ini saya tulis hanya untuk mereka-meraka yang memang masih awam dengan dunia blog, dan belum mengetahui cara membuat blog. Kalau Anda sudah mengerti caranya, lebih baik tidak perlu membaca artikel ini lagi [hehehe,,just kidding…]. Bagi teman-teman yang masih newbi, silahkan lanjutkan membacanya!

Mungkin Anda bertanya, kenapa kita memilih Blogger untuk membuat blog kita kali ini?

Pertama karena Blogger memberikan layanan gratis untuk blogging. Dan kedua, jika memang alasan Anda ber-blogging supaya banyak orang dapat mengetahui dan  membaca blog Anda, maka Blogger adalah pilihan tepat. Karena Blogger adalah produk dari perusahaan Google (search enggine nomor wahid di dunia), dan otomatis blog anda akan bisa tampil di hasil pencarian Google.

Terutama jika memang alasan utama Anda adalah ingin mendapatkan penghasilan dari internet, maka trafik yang banyak adalah target utama Anda.

Nah, sebelum membuat blog di Blogger, saya sarankan Anda untuk memiliki akun email di Google mail atau Gmail (gratis). Dan ini adalah syarat utama dan pertama jika anda ingin membuat blog di Blogger, ini akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan blog Anda.

Kalau Anda belum mengerti bagaimana cari membuat akun email, Anda bisa membaca postingan sebelumnya tentang cara membuat email. Tapi jika Anda sudah memiliki akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses pembuatan blog di Blogger/Blogspot, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Langkah Pertama : Bukalah situs Blogger di halaman browser Anda dengan meng-klik link berikut Blogger.

Langkah Kedua : Akan tampil di browser Anda halaman masuk ke akun Google. Tulislah akun email Gmail Anda dan password pada kolom yang sudah tersedia, lalu klik tombol "Masuk".

Langkah Ketiga : Setelah Anda masuk ke halaman berikutnya, dimana Anda akan melihat akun Google Anda termasuk profile di eMail atau Google plus (bila sudah mendaftar), lalu klik tombol "Lanjutkan ke Blogger". Nanti Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan blog.

Langkah Keempat : Klik tombil "Blog Baru" yang ada pada halamat tersebut, akan muncul pop up pembuatan blog Anda. Isi kolom yang tersedia dan pilih themes default yang Anda ingin gunakan di blog. Isi kolom tersebut dengan data blog yang Anda inginkan :

  1.  Judul : Isi dengan judul blog Anda, misalnya "Babapedia".
  2. Alamat : Tulislah alamat blog Anda di Blogspot, misalnya "tanyabj.blogspot.com".
  3. Pilih Templat : Template default dari Blogger ada 7 buah, pilih salah satunya saja yang sesuai dengan tema blog Anda, atau sesuai dengan selera Anda.
  4.  Lalu klik tombol "Buat Blog"!
Sampai dengan langkah keempat, Anda sudah berhasil membuat blog Anda di Blogger. Adapun pengaturan lebih selanjutnya, dan bagaimana cara menulis dan memposting tulisan di blog Anda, maka akan saya bahas pada artikel berikutnya – insyaallah –. [Cara Memposting Artikel di Blogger]

Demikian artikel tentang cara membuat blog di Blogger, semoga yang singkat ini bisa membantu teman-teman yang belum mengetahi cara membuat blog gratisan. Semoga bisa difahami dan dipraktekkan.

Jika ada yang belum dimengerti, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan dan waktu luangnya untuk membaca artikel saya.

Gambar: Flickr.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hanya Dengan 4 Langkah, Anda Bisa Membuat Blog Gratis di Blogger"

Post a Comment